Makanan Kesehatan untuk Tumbuh Sehat Menjadi Bintang

" Sel-sel otak janin sudah tumbuh dan berkembang sejak bulan pertama dalam kandungan. Lalu membelah cepat dan berkembang sesuai dengan tempat dan fungsi masing-masing/diferensiasi "
Setiap orang tua tentu mendambakan anak yang sehat dan cerdas. Untuk itu setiap orangtua tidak akan segan-segan mengupayakan segala sesuatu yang terbaik guna mengoptimalkan kecerdasan buah hatinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan zat gizi yang diperlukan untuk menunjang seluruh proses tumbuh kembang otak anak. Pastikan buah hati Anda mendapatkan cukup nutrisi otak agar tumbuh sehat dan juga cerdas karena kekurangan salah satu nutrisi tersebut akan berpengaruh pada perkembangan sistem syaraf pusat dan tingkat kecerdasannya di masa depan. Hal ini terungkap dalam suatu penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal pada tahun 2001. Sel-sel otak janin sudah tumbuh dan berkembang sejak bulan pertama dalam kandungan. Lalu membelah cepat dan berkembang sesuai dengan tempat dan fungsi masing-masing/diferensiasi. Sejak kehamilan enam bulan, sel-sel itu saling berhubungan membentuk berbagai rangkaian fungsional yang kompleks, ibarat rangkaian microchip komputer. Proses itu berlangsung sangat cepat dan kompleks sampai umur lima tahun, melambat di usia sekolah dan remaja. Kualitas kecerdasan anak tergantung pada kualitas sirkuit yang terbentuk sampai umur lima tahun. Kualitas sirkuit tergantung pada kualitas nutrisi yang didapat sejak di kandungan sampai umur lima tahun pertama. Karena itu, kebutuhan nutrisi terutama nutrisi untuk otak sangat penting pada masa-masa tersebut.
Beberapa zat gizi yang penting untuk tumbuh-kembang otak anak:
1. Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai bahan baku untuk menghasilkan energi untuk berbagai aktivitas metabolisme termasuk metabolisme dalam otak. Sumber karbohidrat antara lain beras, sereal, kentang dan gandum.
2. Protein
Protein sangat penting dalam proses tumbuh kembang otak, terutama dalam pembentukan sel-sel syaraf otak. Beberapa fraksi protein/asam-asam amino berperanan penting dalam pembentukan neurotransmitter yaitu senyawa kimia yang berperanan dalam penghantar impuls syaraf. Sumber protein ditemukan pada daging, ikan, telur, susu, tempe, tahu, dll.
3. Asam lemak tidak jenuh/Omega 3
Sekitar 60 % otak manusia tersusun atas berbagai macam jenis lemak, dan dari jumlah tersebut EPA (asam ekosapentaenoat) dan DHA (asam dekosaheksaenoat) merupakan asam lemak dominan penyusun sel-sel syaraf otak.
Asam lemak Omega 3 ini berperan dalam pembentukan sel syaraf otak dan sistem penglihatannya. Kekurangan asam lemak ini berpengaruh terhadap menurunnya tingkat kecerdasan, daya ingat, konsentrasi, penglihatan yang buruk dan gangguan fungsi imunitas/ kekebalan tubuh. Sumber Omega 3 ditemukan pada ikan salmon, makarel, tuna, sarden, sayuran hijau tua, dll.
4. Beberapa vitamin seperti Vitamin A,Vitamin B3, B6 dan B12.
Vitamin A berperan penting dalam pembentukan retina pada mata si kecil. Gangguan fungsi retina mata berpengaruh terhadap penurunan tubuh terhadap respon. Sedangkan Vitamin B3 dan B6 dan B12 berperan dalam membantu pertumbuhan dan fungsi sel syaraf, dan juga meningkatkan daya ingat. Vitamin A ditemukan pada kining telur, wortel, pepaya, hati, sedangkan vitamin B ditemukan pada daging, telur, keju, beras merah, kacang-kacangan.
5. Mineral Ca/kalsium
Kalsium merupakan salah satu mineral yang erat berkaitan dengan perkembangan otak bayi. Mineral kalsium ini berperanan dalam pembentukan percabangan sel-sel saraf di dalam otak. Kalsium juga sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat.
6. Prekursor neurotransmitter
Beberapa makanan menjadi bahan dasar dari neurotransmitter yang berperanan penting dalam penghantaran impuls syaraf seperti lecithin/bahan dasar kolin dan asam-asam amino seperti fenilalanin, asam glutamat, taurin, tirosin dan triptofan.
Ganggang / Algae, sumber gizi alternatif
Ada berbagai macam jenis ganggang yang sudah diteliti dan mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap. Dari sekian banyak jenis ganggang tersebut ganggang hijau (chlorella) mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi dan lengkap. Chlorella mengandung zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral). Chlorella meengandung protein yang tinggi (60-70%), asam lemak linolenat/Omega 3, asam-asam amino esensial seperti asam glutamat, fenilalanin, tirosin yang penting untuk nutrisi jaringan otak, berbagai macam vitamin seperti vitamin yang vitamin A, B3, B6, B12 dan mineral penting seperti Kalsium, Zat Besi. Dinding sel Chlorella mengandung polisakarida komplek N1.3 Glukan yang berperanan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap penyakit.
CHLOSTANIN HOKEN: Makanan kesehatan dengan berbagai kebaikan dari Chlorella, kalsium dan lecithin kacang kedelai. HOKEN merupakan makanan kesehatan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi bagi anak yang sehat, kuat dan cerdas. HOKEN mengandung berbagai macam kebaikan dari manfaat chlorella, lecithin sebagai nutrrisi jaringan otak,kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat dan kuat. Cita rasa lemon segar membuat CHLOSTANIN HOKEN sangat disukai anakanak. Berikan buah hati anda sekarang juga CHLOSTANIN HOKEN untuk mempersiapkan putra-putri Anda menjadi generasi yang sehat dan cerdas.
Dapatkan informasi lebih lanjut pada website kompak.co.id atau dengan menghubungi Kompak di 0815-4607-4989 (WA).
Follow akun Kompak di
Facebook      : Kompak Indopola
Youtube        : PT Kompak Indopola

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Disayang Suami -Evergood - Informasi Kesehatan - Kompak

Kaisar Kopi Ginseng - Kopi Sehat Berkualitas

Tips Cara menghilangkan Noda membandel pada pakaian