Fakta-Fakta Yang Perlu Kita Ketahui Tentang "Novel Coronavırus"


Fakta-Fakta Yang Perlu Kita Ketahui Tentang "Novel Coronavırus"

Bicara tentang kesehatan, akhir-akhir ini sangat marak pemberitaan mengenai coronavirus. Berbagai macam informasi kita dengar dari televisi, internet, maupun media sosial bisa jadi belum terbukti kebenarannya.
Oleh karena itu, untuk menambah pengetahuan yang benar mengenai coronavirus kami menghimpun informasi dari sumber yang terpercaya di bidang kesehatan yaitu World Health Organisation (WHO). Mari kita simak Q&A seputar coronavirus yang dijawab langsung oleh WHO:
Apa itu coronavirus?
Coronavirus adalah keluarga besar virus yang ditemukan pada hewan dan manusia. Beberapa orang menginfeksi dan diketahui menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).
Apa itu “novel” coronavirus?
Novel coronavirus (CoV) adalah jenis baru coronavirus yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Coronavirus baru, atau "novel", sekarang disebut 2019-nCoV, sebelumnya tidak terdeteksi sebelum wabah dilaporkan di Wuhan, Cina pada Desember 2019.
Apakah virus ini sama dengan SARS ?
Tidak, 2019-nCoV berasal dari keluarga virus yang sama dengan SARS-CoV tetapi bukan virus yang sama. Seberapa berbahaya novel coronavirus? Seperti penyakit pernapasan lainnya, infeksi 2019-nCoV dapat menyebabkan gejala ringan termasuk pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Ini bisa menjadi lebih parah bagi beberapa orang dan dapat menyebabkan pneumonia atau kesulitan bernafas. Orang yang lebih tua, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti diabetes dan penyakit jantung) tampaknya lebih rentan untuk menjadi sakit parah dengan virus.
Bisakah manusia terinfeksi 2019-nCoV dari sumber hewani?
Investigasi terperinci menemukan bahwa SARSCoV ditransmisikan dari musang ke manusia di Cina pada tahun 2002 dan MERS-CoV dari unta ke manusia di Arab Saudi pada tahun 2012. Beberapa coronavirus diketahui beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia. Ketika pengawasan meningkat di seluruh dunia, lebih banyak coronavirus yang mungkin diidentifikasi Sumber hewan 2019-nCoV belum diidentifikasi. Kemungkinan sumber hewan dari pasar hewan hidup di Tiongkok bertanggung jawab atas beberapa infeksi manusia yang pertama kali dilaporkan. Untuk melindungi diri sendiri, ketika mengunjungi pasar hewan hidup, hindari kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan. Konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang harus dihindari. Daging mentah, susu, atau organ hewani harus ditangani dengan hati-hati, untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah, sesuai praktik keamanan pangan yang baik.
Bisakah saya terkena 2019-nCoV dari peliharaan saya?
Tidak, saat ini tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing telah terinfeksi atau telah menyebar 2019-nCoV.
Bisakah 2019-nCoV ditransmisikan dari orang ke orang?
Ya, 2019-nCoV menyebabkan penyakit pernapasan dan dapat ditularkan dari orang ke orang, biasanya setelah kontak dekat dengan pasien yang terinfeksi, misalnya, di tempat kerja rumah tangga, atau pusat perawatan kesehatan.
Bagaimana virus 2019-nCoV menyebar?
Novel coronavirus adalah virus pernapasan yang menyebar terutama melalui kontak dengan orang yang terinfeksi melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika seseorang, misalnya, batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau keluarnya dari hidung.
Apa yang bisa saya lakukan untuk melindungi diri?
1. Cuci tangan Anda sesering mungkin
Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau gunakan antiseptik berbasis alkohol jika tangan Anda tidak terlihat kotor. Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan antiseptik berbasis alkohol menghilangkan virus jika ada di tangan Anda.
2. Lakukan kebersihan pernafasan
Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku atau tisu - segera buang tisu ke tempat sampah yang tertutup dan bersihkan tangan Anda dengan alkohol atau sabun dan air. Mengapa? Menutupi mulut dan hidung Anda ketika batuk dan bersin mencegah penyebaran kuman dan virus. Jika Anda bersin atau batuk di tangan, Anda dapat mencemari benda atau orang yang Anda sentuh.
3. Pertahankan jarak sosial
Pertahankan jarak setidaknya 1 meter antara Anda dan orang lain, terutama mereka yang batuk, bersin, dan demam. Mengapa? Ketika seseorang yang terinfeksi penyakit pernapasan, seperti 2019-nCoV, batuk atau bersin mereka memproyeksikan tetesan kecil yang mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup virus.
4. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut
Mengapa? Tangan menyentuh banyak permukaan yang dapat terkontaminasi oleh virus. Jika Anda menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda dengan tangan Anda yang terkontaminasi, Anda dapat memindahkan virus dari permukaan ke diri Anda sendiri.
5. Jika Anda mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari perawatan medis
Beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda telah melakukan perjalanan di suatu daerah di China di mana 2019-nCoV telah dilaporkan, atau jika Anda telah melakukan kontak dekat dengan seseorang dengan yang telah melakukan perjalanan dari China dan memiliki gejala pernapasan. Jika Anda memiliki gejala gangguan pernapasan ringan namun tidak memiliki riwayat perjalanan ke atau di China, lakukan langkah pengobatan dasar dan tinggal di rumah sampai Anda pulih, jika memungkinkan.
6.Sebagai tindakan pencegahan umum, lakukan tindakan kebersihan umum saat mengunjungi pasar hewan hidup, pasar basah atau pasar produk hewan
Pastikan mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air minum setelah menyentuh hewan dan produk hewani; hindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan; dan hindari kontak dengan hewan sakit atau produk hewan manja. Hindari kontak dengan binatang lain di pasar dengan ketat (mis., Kucing dan anjing liar, tikus, burung, kelelawar). Hindari kontak dengan kotoran hewan yang berpotensi terkontaminasi atau cairan di tanah dan fasilitas pasar.
7. Hindari konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang
Tangani daging mentah, susu, atau organ hewan dengan hati-hati, untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah.
Haruskah saya memakai masker untuk melindungi diri saya sendiri?
Mengenakan masker medis dapat membantu membatasi penyebaran beberapa penyakit pernapasan. Namun, menggunakan masker saja tidak dijamin untuk menghentikan infeksi dan harus dikombinasikan dengan tindakan pencegahan lainnya termasuk kebersihan tangan dan pernapasan dan menghindari kontak dekat - setidaknya jarak 1 meter antara Anda dan orang lain. WHO menyarankan penggunaan masker medis secara rasional sehingga menghindari pemborosan sumber daya berharga yang tidak perlu dan potensi penyalahgunaan masker. Ini berarti menggunakan masker hanya jika Anda memiliki gejala pernapasan (batuk atau bersin), mencurigai infeksi 2019-nCoV dengan gejala ringan atau merawat seseorang yang diduga terinfeksi 2019-nCoV.
Cara memakai, menggunakan, mengambil dan membuang masker
1. Sebelum mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun atau cairan berbasis alkohol
2. Tutupi mulut dan hidung dengan topeng dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker Anda
3. Hindari menyentuh masker saat menggunakannya; jika Anda melakukannya, bersihkan tangan Anda dengan alkohol atau sabun dan air
4. Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai
5. Untuk membuang masker: lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan topeng); segera buang di tempat sampah tertutup; Cuci tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol.
Berapa lama virus novel corona bertahan di permukaan? Masih belum diketahui berapa lama virus 2019-nCoV bertahan di permukaan, meskipun informasi awal menunjukkan virus dapat bertahan beberapa jam atau lebih. Desinfektan sederhana dapat membunuh virus sehingga tidak mungkin lagi menginfeksi orang.
Apa perbedaan antara penyakit yang disebabkan oleh 2019-nCoV, flu atau pilek?
Orang dengan infeksi 2019-nCoV, flu, atau pilek biasanya mengalami gejala pernapasan seperti demam, batuk dan pilek. Meskipun banyak gejala yang sama, mereka disebabkan oleh berbagai virus. Karena kesamaan mereka, sulit untuk mengidentifikasi penyakit berdasarkan gejala saja. Itu sebabnya tes laboratorium diperlukan untuk mengonfirmasi apakah seseorang memiliki 2019-nCoV. WHO merekomendasikan bahwa orang yang menderita batuk, demam, dan kesulitan bernapas harus mencari perawatan medis sejak dini. Pasien harus memberi tahu penyedia layanan kesehatan jika mereka telah melakukan perjalanan dalam 14 hari sebelum mereka mengalami gejala, atau jika mereka telah melakukan kontak dekat dengan seseorang dengan yang telah menderita gejala pernapasan.
Berapa lama masa inkubasi 2019-nCoV?
Masa inkubasi adalah waktu antara infeksi dan timbulnya gejala klinis penyakit. Periode inkubasi 2019-nCoV bisa mencapai 14 hari. WHO merekomendasikan bahwa tindak lanjut dari kontak kasus yang dikonfirmasi adalah 14 hari.
Apakah aman menerima paket dari Cina atau tempat lain di mana virus telah diidentifikasi?
Ya, aman. Orang yang menerima paket tidak berisiko tertular virus corona baru. Dari pengalaman dengan coronavirus lain, kita tahu bahwa jenis virus ini tidak bertahan lama pada objek, seperti surat atau paket.
Apakah antibiotik efektif dalam mencegah dan mengobati 2019-nCoV?
Tidak, antibiotik tidak bekerja melawan virus, mereka hanya bekerja pada infeksi bakteri. Novel coronavirus adalah virus dan karenanya antibiotik tidak boleh digunakan sebagai sarana pencegahan atau pengobatan.
Apakah ada obat khusus untuk mencegah atau mengobati 2019-nCoV?
Sampai saat ini, tidak ada obat khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati virus corona baru. Namun, mereka yang terinfeksi 2019-nCoV harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala, dan mereka yang sakit parah harus mendapatkan perawatan suportif yang dioptimalkan. Beberapa perawatan spesifik sedang diselidiki dan akan diuji melalui uji klinis. WHO membantu mengoordinasikan upaya untuk mengembangkan obat-obatan untuk mengobati nCoV dengan berbagai mitra. Jika Anda ingin melindungi diri dari infeksi coronavirus baru, Anda harus menjaga kebersihan tangan dan pernapasan dasar, serta praktik makanan yang aman dan menghindari kontak dekat, jika mungkin, dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.
Sumber : https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses#
Selain tips di atas, ada baiknya kita meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan makanan kesehatan berkualitas yaitu Kenko 100 Sai yang mengandung berbagai ekstrak tumbuhan alami yang diformulasikan dengan teknologi tinggi guna meningkatkan sistem imunitas tubuh kita agar tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Disayang Suami -Evergood - Informasi Kesehatan - Kompak

Kaisar Kopi Ginseng - Kopi Sehat Berkualitas

Tips Cara menghilangkan Noda membandel pada pakaian