13 Fakta Menarik Seputar Antioksidan

TAHUKAH ANDA ?
1. Antioksidan berasal dari kata anti dan oksidan. Anti berarti melawan, oksidan berarti radikal bebas, sehingga antioksidan adalah zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas biasanya terdapat pada polusi udara, rokok, bahkan paparan sinar matahari juga mengandung radikal bebas.
2. Tubuh manusia sendiri setiap saat selalu menghasilkan oksidan atau radikal bebas, misalnya saat kita bernapas atau ketika kita makan. Ketika kita bernafas atau saat tubuh mencerna makanan, tubuh membutuhkan oksigen sehingga terjadilah proses oksidasi yang menghasilkan oksidan. Dalam 1 hari terjadi jutaan proses dalam tubuh manusia yang pada akhirnya menghasilkan oksidan.
3. Stress juga memicu terbentuknya oksidan. Begitu pula ketika kita makan makanan yang mengandung zat kimia seperti penyedap, pengawet, dan pewarna.
4. Oksidan yang menumpuk dalam tubuh lama-kelamaan bisa menjadi sangat berbahaya, mulai dari penuaan dini sampai dengan kanker dan stroke.
5. Antioksidan berperan melindungi tubuh dengan melawan oksidan dan mencegah kerusakan sel. Maka menjadi penting bagi manusia untuk mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah yang cukup.
6. Antioksidan dapat kita temukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran seperti wortel, tomat, buah berry, brokoli dan lainnya. Namun pola makan kita sehari-hari tidak mencukupi kebutuhan tubuh kita akan antioksidan. Sebagai gambaran, karena proses pencernaan menghasilkan oksidan maka kita perlu makan makanan yang kaya antioksidan setiap kali kita makan. Seseorang rata-rata mengonsumsi 2.500 kalori per hari dan membutuhkan 11.000 milimol antioksidan agar tetap sehat. Namun, kebanyakan dari kita makan makanan mengandung antioksidan tidak sampai setengah dari jumlah ini. Belum lagi kalau orang tersebut terkena polusi atau asap rokok, makin banyak lagi antioksidan yang dibutuhkan. Di sisi lain, kurang asupan antioksidan dapat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit kronis.
7. Untuk memenuhi kebutuhan manusia akan antioksidan, para peneliti berlomba-lomba menciptakan produk yang mengandung antioksidan. kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten adalah kandungan yang diyakini bermanfaat sebagai antioksidan.
8. Diketahui alga merah (red algae) dari Timur Tengah yang dikenal dengan nama Dunaliella bardawil memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih besar dibanding buah dan sayur pada umumnya. Sebagai perbandingan, 1 sel Dunaliella bardawil mengandung beta karoten ribuan kali lebih banyak dibanding 1 sel wortel. Bahkan Dunaliella bardawil diklaim para ahli sebagai super antioksidan yang bisa memenuhi kebutuhan antioksidan manusia bila dikonsumsi rutin dalam takaran yang cukup.
9. Ada 6 manfaat utama antioksidan yang bisa kita peroleh dari Dunaliella bardawil
a. Membantu menjaga kesehatan dan stamina tubuh sehingga lebih tahan terhadap penyakit.
b. Menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah penyakit katarak.
c. Memperbaiki kulit, mencegah penuaan dini seperti kulit kering dan keriput.
d. Mencegah kanker pada orang sehat dan mencegah sel kanker menyebar luas pada penderita kanker.
e. Menurunkan resiko serangan jantung.
f. Mencegah stroke.
10. Antioksidan dalam Dunaliella bardawil dapat kita peroleh dengan mengonsumsi suplemen Dunhard dan Dunaliella Soft dari Nikken Sohonsha, Jepang.
11. Dunhard dan Dunaliella Soft sama-sama mengandung super antioksidan namun punya fungsi yang berbeda. Dunhard kandungan beta karotennya lebih banyak sehingga efektif untuk melindungi kesehatan organ tubuh bagian dalam termasuk menjaga kesehatan mata dan organ tubuh kita, sedangkan Dunaliella Soft berfungsi menjaga kesehatan kulit dengan tambahan kandungan vitamin C, vitamin B, Green Tea dan Collagen yang dimilikinya.
12. Belakangan ini diketahui, antioksidan juga mampu mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes. Sehingga tidak mengherankan saat ini manfaat Dunhard sudah diakui oleh dunia dan memperoleh sertifikat paten sebagai suplemen yang mampu membantu menurunkan kadar gula darah.
Dunaliella bardawil diklaim para ahli sebagai super antioksidan yang bisa memenuhi kebutuhan antioksidan manusia bila dikonsumsi rutin dalam takaran yang cukup.

Dapatkan informasi lebih lanjut pada website kompak.co.id atau dengan menghubungi Kompak di 0815-4607-4989 (WA).

Follow akun Kompak di
Facebook      : Kompak Indopola
Youtube        : PT Kompak Indopola

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Disayang Suami -Evergood - Informasi Kesehatan - Kompak

Kaisar Kopi Ginseng - Kopi Sehat Berkualitas

Tips Cara menghilangkan Noda membandel pada pakaian