Karakter Manusia dilihat dari Tipe Kepribadiannya


Memahami Karakter Manusia dengan Mengenali Tipe Kepribadiannya

Sebagian besar waktu dari kehidupan, kita habiskan dengan berinteraksi bersama orang lain. Hubungan kita dengan orang lain sangat bervariasi bentuknya, tergantung pada aktivitas sosial rutin yang kita lakukan. Begitu pula dengan Usaha Mandiri Kompak yang kita jalani saat ini sebagai suatu Usaha Manusia yang membutuhkan interaksi dan pemahaman tinggi terhadap orang lain. Artinya seluruh aktivitas yang kita lakukan, baik ketika melakukan penjualan produk, penawaran peluang usaha (sponsoring) maupun pembinaan, terkait dengan orang lain. Kita bekerja keras bersama dengan orang lain untuk mendapatkan suatu hasil yang berlipat ganda. Supaya kita bisa melihat orang lain sebagaimana yang sesungguhnya, kita perlu memahami pola kepribadian dasar dan menyadari setiap perbedaan yang terjadi hanya diakibatkan oleh karena segi pandang yang berbeda saja.
Menyesuaikan diri dengan dengan rekan kerja merupakan keahlian yang semakin penting, oleh sebab itu diperlukan keahlian antarpribadi yang baik. Untuk memiliki keahlian antarpribadi yang baik, Anda perlu mengetahui keterampilan mengenal karakter orang lain dan pemberian apresiasi yang tepat pada rekan usaha kita, sehingga kita bisa bekerja lebih maksimal dengan orang tersebut untuk mencapai Tujuan Usaha Mandiri Kompak yang mantap ke depan. Sebagaimana kita ketahui, ada banyak tipe/karakter manusia. Banyak orang yang bekerja dengan Anda hari demi hari datang dengan kekuatan dan kelemahan tertentu. Beberapa orang mungkin lebih menarik daripada lainnya, tetapi sementara kita belajar mengidentifikasi dan memilah-milah kepribadian yang berbeda-beda, kita bisa menghargai tempat mereka yang semestinya dalam kerja tim yang kita lakukan. Lingkungan kerja dan produktivitas kita bisa lebih meningkat setelah kita menyadari bahwa kita bukannya sekedar kumpulan orang yang berbeda-beda yang dimasukkan dalam satu lingkungan kerja saja, namun kita bisa bekerja sama menjadi satu tim yang saling melengkapi satu sama lainnya sehingga dapat menghasilkan pekerjaan yang sempurna tiap harinya.
Hipocrates, ahli filsuf Yunani membagi kepribadian manusia dalam 4 katagori dimana setiap kelompok berperilaku karena adanya cairan tubuh tertentu : Sanguine (Darah), berhubungan dengan energi tinggi dan optimisme; Choleric (Empedu Kuning) berhubungan dengan kontrol dan kemarahan; Melancholy (Empedu Hitam) berhubungan dengan kedalaman intelegensi dan kecenderungan orang itu ke arah tekanan jiwa. Phlegmatic (Lendir Tubuh) berhubungan dengan kedamaian, pasif, dan mantap. Bunga yang cemerlang adalah Sangunis yang Populer; Koleris yang Kuat adalah sudut-sudut yang menahan semuanya menjadi satu; Melankolis yang Sempurna membentuk kerangka dari kepingan-kepingan yang rata; Phlegmatis yang Damai mengisi langit biru. Kalau kita bias memahami kebutuhan emosional orang-orang yang bekerja bersama kita, maka kita dapat memperlakukan mereka dengan pas secara serasi.
SANGUNIS YANG POPULER
Mereka pada umumnya mudah dilihat karena mereka adalah orang-orang yang menonjol hampir di setiap kelompok. Cara yang paling mudah untuk menemukan orang Sanguinis yang populer adalah dengan melihat pakaiannya yang berwarna cemerlang (trendy atau mengikuti mode), suaranya yang keras. Biasanya kehadiran mereka menghidupkan suasana dengan pesona yang mereka miliki. Mereka punya watak yang suka pamer, tidak menyembunyikan apapun, apa yang mereka lihat adalah apa yang akan mereka dapatkan, mereka selalu meminta bahkan berteriak supaya kebutuhan emosionalnya dipenuhi. Hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk orang Sanguin ini adalah dengan memberikan perhatian dan persetujuan. Seorang sanguin mempunyai cadangan tenaga tidak terbatas, namun tenaga tersebut harus berasal dari suatu tempat yaitu dari perhatian dan dukungan yang didapatkannya dari orang lain dalam bentuk pujian.
MELANKOLİS YANG SEMPURNA
Tujuan orang melankolis yang sempurna adalah kesempurnaan, kebutuhan emosional mereka adalah ketertiban, ketenangan dan kepekaan. Mereka tidak bisa berfungsi di tengah-tengah kekacauan dan akan menghargai ruangan dan jarak. Sementara mereka menginginkan “kesempurnaan” dalam kehidupan profesional mereka, mereka tidak begitu suka mengungkapkan kehidupan pribadinya. Kalau Anda bekerja dengan orang melankolis sempurna, sadarilah bahwa mereka selalu melakukan yang terbaik dan bahwa mereka punya alasan spesifik yang memotivasi tindakan mereka, jika Anda tidak setuju, tanyakan alasan mereka, karena mereka memikirkan setiap alternatif dan membuat pilihan yang adil bagi setiap orang. Biarkan mereka mempunyai keteraturan dalam kehidupan kerja mereka. Beri mereka ruangan dan batas waktu yang realistis dan jangan mengubah peraturan. Orang melankolis sempurna dapat diandalkan, pekerja yang konsisten yang paling bahagia dengan keteraturan dan kepekaan.
KOLERIS YANG KUAT
Kerja atau penyelesaian merupakan salah satu kebutuhan emosional orang koleris yang kuat, mereka bekerja lebih keras daripada siapa pun lainnya karena baginya pencapaian suatu prestasi begitu penting di atas segalanya. Mereka sanggup mempertahankan ketinggian produktivitasnya dan kebulatan tekadnya. Bila mereka tidak mendapatkan penghargaan yang mereka butuhkan, mereka akan bekerja lebih keras lagi dan mencapai lebih banyak dengan harapan orang lain akan memperhatikan mereka. Orang koleris yang kuat akan menjadi pekerja Anda yang paling baik dan paling bisa diandalkan kalau pekerjaan mereka diakui. Kebutuhan emosional orang koleris adalah penghargaan untuk semua kerja keras yang mereka lakukan dan pencapaian prestasi. Bila mereka mendapatkannya, maka mereka akan jauh lebih nyaman dan senang dengan apa yang mereka kerjakan.
PHLEGMATIS YANG DAMAI
Sifat mereka cenderung pendiam, lebih suka beristirahat daripada bekerja dan cepat berpuas diri. Mereka merasa senang di mana pun mereka berada dan apa pun yang terjadi. Kalau Anda bekerja dengan orang phlegmatis, pastikanlah untuk memperhatikan apa yang mereka lakukan dan sebaik apa mereka melakukannya, dengarkanlah mereka ketika berbicara. Mungkin mereka berbagi gagasan lebih lambat, tetapi jangan menyela dan menyelesaikan pemikiran mereka, itu saja sudah menunjukkan kepedulian Anda. Kebutuhan emosional orang phlegmatis yang damai adalah penghormatan dan perasaan diri berharga. Ingat, bahwa mereka mungkin tumbuh besar dengan lebih banyak perasaan luput dari perhatian dan kurang berbakat dibandingkan dengan orang lain. Anda bisa membuat pekerjaan menjadi tempat yang paling disukai dengan memberi mereka penghormatan dan perasaan diri berharga. Bila hal tersebut Anda penuhi, maka orang phlegmatis yang damai akan menjadi rekan kerja Anda yang setia dan dapat diandalkan.
Orang sanguin biasanya suka melakukan pekerjaan menyambut orang baru dan membuat orang baru tersebut merasa dibutuhkan. Mereka mempunyai keahlian khusus untuk menghidupkan suasana dengan sentuhan ringan dan menyegarkan suasana dengan cerita-cerita lucunya. Orang Koleris sangat suka melakukan penyajian. Orang Melankolis senang dengan masalah keuangan dan perhitungan usaha, sedangkan orang Phlegmatis bisa berbagi dengan motivasi-motivasi antar pribadi mereka yang tulus mengenai keuntungan Bisnis Kompak ini. Dari semua tipe kepribadian ini, bila Anda bisa memahami setiap kepingan kepribadian ini dengan baik, maka akan dihasilkan kerjasama yang lebih solid dan menghasilkan pencapaian keuntungan yang lebih besar lagi. Pada setiap karakter kita temui pentingnya memberikan suatu penghargaan pada orang lain. Bagaimana memberikan apresiasi yang tepat? Kuncinya adalah pahami dan penuhi kebutuhan emosional mereka!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Disayang Suami -Evergood - Informasi Kesehatan - Kompak

Kaisar Kopi Ginseng - Kopi Sehat Berkualitas

Tips Cara menghilangkan Noda membandel pada pakaian