Jeni - Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Teh Kesehatan dengan Citarasa Khas



Jenis Teh
Pengolahan teh melibatkan proses fermentasi, yaitu reaksi oksidasi senyawa polifenol yang terkandung di dalam daun teh oleh enzim polifenol oksidase yang dibantu oleh oksigen dari udara. Berdasarkan proses pengolahannya, teh dibagi menjadi tiga jenis, antara lain :
Perbedaan ketiga jenis teh tersebut diatas adalah pada kandungan polifenolnya.
Pada teh hijau bermutu tinggi, proses fermentasi sama sekali dihindari, sehingga kandungan polifenolnya tidak teroksidasi. Sedangkan pada teh oolong, terjadi semi fermentasi pada daun teh segar, dan teh hitam adalah hasil fermentasi sempurna. Proses pengolahan teh juga berbeda untuk ketiga jenis teh tersebut di atas. Selama pengolahan teh hitam, daun teh digulung, dimemarkan dan dihancurkan sehingga cairan sel dalam daun teh keluar untuk memudahkan proses fermentasi. Sedangkan pengolahan teh hijau dan teh oolong yang demikian tidak dilakukan, bahkan kerusakan daun sangat dihindarkan.
Secara visual dapat dibedakan ketiga jenis teh ini dari warna seduhan teh, yaitu :
Teh hijau seduhan tehnya berwarna hijau,Teh oolong seduhan tehnya berwarna kuning keemasan, dan Teh hitam seduhan tehnya berwarna coklat kemerahan. Citarasa Teh Oolong tidaklah sesepat teh hijau dan tidak sepahit teh hitam, bahkan mengandung polifenol yang jenis dan jumlahnya lebih besar diantara teh hijau dan teh hitam.
Teh Oolong dan Kesehatan
Senyawa dalam Teh Oolong yang berperan penting bagi kesehatan adalah senyawa polifenol, theanin, kandungan mineral, serta kandungan alkaloidnya. Kunci utama dari khasiat teh berada pada bioaktif komponen yang secara optimal terkandung dalam daun teh yang muda dan utuh. Polifenol dalam Teh Oolong membantu kesempurnaan kerja enzim Superoxide Dismutase (SOD) yang bisa menyingkirkan radikal bebas, sebab daya antioksidan polifenol ini sangat besar, lebih besar dari Vitamin C. Radikal bebas merupakan musuh besar kesehatan dan kecantikan, karena dapat menyebabkan kulit menjadi keriput dan membentuk noda hitam pada kulit. Radikal bebas merupakan hasil oksidasi dalam tubuh, termasuk proses bernafas, dalam keadaan stres, merokok, terlalu berat berolah raga, dan bertambah usia. Senyawa polifenol membantu penderita darah tinggi untuk menormalkan tekanan darahnya, serta membantu mengatasi terjadinya infeksi penyakit akibat bakteri, sebab polifenol dapat menghambat aktivitas bakteri patogen, yaitu bakteri penyebab penyakit, termasuk dalam mengatasi diare.
Theanin suatu jenis asam amino yang terkandung dalam Teh Oolong, selain memberikan citarasa eksotik (manis) bagi teh Oolong, juga memberikan efek relaksasi pada manusia. Mineral dalam teh yang penting adalah kandungan fluor yang cukup baik dan penting untuk kesehatan gigi. Kandungan mangan dalam teh membantu menormalkan metabolisme gula, sedangkan kadar kalium teh, baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Kandungan kafein dalam teh Oolong tidak terlalu tinggi, sehingga memberikan efek menyegarkan tubuh. Kafein dalam teh memiliki khasiat diuretik, yaitu memperlancar pengeluaran air seni, merangsang produksi cairan lambung, sehingga memperbaiki system pencernaan dan meningkatkan peredaran darah. Sedangkan kandungan katekin bersifat antibakteri terhadap bakteri yang tumbuh dalam mulut, sehingga juga menghindari terjadinya plak atau karang gigi.
Teh Oolong Kaisar bisa dinikmati oleh segala lapisan usia, Selain rasa dan aromanya yang khas, Teh Oolong juga berkhasiat untuk kesehatan, sudah sepantasnya jika Anda menjadikannya sebagai minuman sehari-hari.

Dapatkan Kaisar Oolong Tea pada website Kompak di http://bit.ly/Tehoolong atau aplikasi android Kompak Mobile pada Playstroe di http://bit.ly/Kompakmobile

Informasi lebih lanjut Hubungi Kompak di 0815-4607-4989 (Whatsapp Aktif)

Follow akun instagram Kompak di @Kompak_info

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Disayang Suami -Evergood - Informasi Kesehatan - Kompak

Kaisar Kopi Ginseng - Kopi Sehat Berkualitas

Tips Cara menghilangkan Noda membandel pada pakaian