Tips Mencegah Kanker Prostat

Mencegah Kanker Prostat

Menurut estimasi American Foundation for Urologic Disease, lebih dari setengah pria berumur 50 tahun ke atas mengalami pembesaran prostat. Jumlah ini bertambah seiring bertambahnya umur, dan pada umur 80 tahun diperkirakan bahwa 80 % pria mengalaminya.
Kelenjar prostat adalah bagian penting dari sistem reproduksi pria, yang terdiri dari kira-kira 70 % jaringan kelenjar dan 30 % dari jaringan fibromoskuler. Pada pria dewasa ukurannya sebesar kacang kenari dan berbobot kira-kira 20 gram. Kelenjar ini terletak tepat di bawah kandung kencing dan di depan rectum, kapsul berserat tebal yang menyelimutinya.
Pada pria dewasa, jaringan kelenjar dari prostat mensekresi cairan yang menyusun 20-30 % dari volume total cairan seminal yang dilepaskan pada saat ejakulasi. Prostat senantiasa menghasilkan cairan ini dan jumlahnya meningkat selama ketegangan seksual. Gabungan dari spermatozoa, cairan vesikula seminalis dan cairan prostat, ditambah sedikit tambahan dari beberapa kelenjar kecil, menghasilkan semen. Cairan kelenjar prostat adalah zat yang encer dan berwarna seperti susu, memberikan semen warna dan memiliki bau yang khas. Sekresi ini mengandung kalsium, timah, asam sitrat, asam fosfat, albumin, dan antigen spesifik prostat. Zat-zat ini membantu lubrikasi uretra, serta perlindungan, pemberian gizi dan mobilitas sperma di dalam lingkungan vagina wanita yang secara normal berlingkungan asam.
Prostat tumbuh sangat sedikit dalam kurun waktu antara kelahiran hingga pubertas, tetapi pada saat pubertas mengalami pertumbuhan yang cepat, bertambah dalam bobot dan menggandakan ukurannya. Pada umumnya ukuran prostat konstan selama 30 tahun setelah pubertas. Pada sejumlah pria, prostat bahkan tidak mengalami pertumbuhan lebih lanjut. Sayangnya, ini tidak dialami semua pria, yaitu yang terkena sejenis pembesaran yang tidak ganas pada prostat, yang secara medis disebut dengan pembesaran prostat jinak ( benign prostatic hyperplasia atau BPH ). Menurut estimasi American Foundation for Urologic Disease, lebih dari setengah pria berumur 50 tahun ke atas mengalami pembesaran prostat. Jumlah ini bertambah seiring bertambahnya umur, dan pada umur 80 tahun diperkirakan bahwa 80 % pria mengalaminya. Jika kelenjar prostat membesar, maka ia bisa menutup sebagian aliran urin melalui ureter yang menyebabkan tekanan balik ginjal. Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa menimbulkan penyakit ginjal kronis. Untungnya sudah banyak pendekatan medis dan gizi yang tersedia untuk mengobati gangguan pria yang umum ini.
Masalah kesehatan utama yang berhubungan dengan kelenjar prostat pria dibagi ke dalam 3 kategori :
1. Pembesaran prostat jinak ( BPH )
2. Prostatitis atau peradangan prostat
3. Kanker prosta
Sekarang kanker prostat menjadi penyebab kematian kedua akibat kanker (yang pertama kanker paru-paru) dan menjadi penyebab kematian keenam terbesar secara keseluruhan terhadap pria Amerika. Oleh karena itu, American Cancer Society dan American Urological Association merekomendasikan kepada pria sehat untuk mengikuti program tahunan pemeriksaan rectal setelah berumur 40 tahun dan pemeriksaan rectal dan uji darah sederhana untuk memonitor tingkat antigen spesifik prostat ( PSA ) setelah berumur 50 tahun. Mereka yang berisiko tinggi untuk terkena kanker prostat, termasuk orang Afrika-Amerika dan mereka yang memiliki sejarah keluarga untuk penyakit ini, harus mulai uji rectal dan PSA tahunan pada umur 40 tahun. Jika Anda pria berumur antara 40 sampai 50 tahun, maka Anda perlu membahas dengan dokter atau urolog tentang keprihatinan Anda terhadap masalah perkemihan atau prostat Anda dan menetapkan program pemeriksaan tahunan.
Cara yang paling baik adalah mengkonsumsi makanan kesehatan alamiah. Makanan kesehatan alamiah yang terdiri dari nutrisi yang lengkap terutama Zn akan mencegah kanker prostat. Dunaliella Hard Capsule yang berasal dari Dunaliella Bardawil telah diakui dunia internasional sebagai makanan kesehatan yang baik, yang mengandung Beta Caroten dan Zn. Ini terbukti dengan diberikannya Sertifikat oleh Departemen Kesehatan Amerika Serikat. Kini kaum pria tidak perlu erlalu khawatir lagi akan kanker prostat. Dengan membiasakan hidup sehat dan mengkonsumsi Dunaliella Hard Capsule secara teratur, Anda dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini. Mulailah hidup sehat dari sekarang, dan Anda akan merasakan bahwa kesehatan adalah salah satu karunia Tuhan yang tak ternilai harganya.

Daftar angota Kompak klik di sini 
Untuk informasi lebih lanjut, Silahkan whatshapp KOMPAK disini.
Anda juga dapat berteman dengan KOMPAK di media sosial di bawah ini:
Facebook : Kompak Indopola
Instagram : @Kompak_info ; @Evergoodkompak ; @Chlostaninindonesia
Youtube : PT. Kompak Indopola
Twitter : @KompakIndopola
Linkedin : Kompak Indopola
Jangan lupa follow & subscribe!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Disayang Suami -Evergood - Informasi Kesehatan - Kompak

Kaisar Kopi Ginseng - Kopi Sehat Berkualitas

Tips Cara menghilangkan Noda membandel pada pakaian