Tips Aman Mengikuti Online Webinar Via Zoom


Jangan buru-buru uninstall Zoom, 
karena dengan cara yang benar meeting Anda bisa aman dari peretasan.

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan sebagian besar kantor mengharuskan para karyawan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal yang sama juga terpaksa dilakukan para pebisnis yang dulunya meeting bersama klien atau mitra bisnis di kantor / café sekarang melakukan dari rumah saja. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Dengan adanya tuntutan perubahan cara bekerja tersebut, aplikasi pertemuan online Zoom menjadi salah satu aplikasi telekonferensi video yang sangat popular dan paling banyak digunakan. Sayangnya, belakangan ini merebak berita kalau aplikasi Zoom rentan diretas atau dikenal dengan istilah Zoomboombing.

Zoomboombing merupakan aksi penyusupan di tengah telekonferensi ketika meeting online dengan Zoom sedang berlangsung menggunakan. Penyebabnya bukan semata karena adanya celah keamanan pada sistem aplikasi Zoom saja, namun juga bisa disebabkan karena Host (penyelenggara) yang kurang menguasai fitur keamanan Zoom.
Namun Anda tidak perlu khawatir, Kompak sudah menggunakan aplikasi Zoom terupdate yang dilengkapi dengan fasilitas sekuritas yang aman. Ditambah lagi, Webinar Kesehatan online dan Webinar mingguan yang akan diselenggarakan Kompak bukan kategori Meeting melainkan Kategori Webinar. Apa sih bedanya Meeting dengan Webinar melalui Zoom ?


Perbedaan Online Meeting & Online Webinar Via Zoom

1. Online Meeting Zoom
Online meeting adalah untuk melakukan diskusi dan kolaborasi melalui web menggunakan audio, video, dan berbagi layar. Acara ini diselenggarakan oleh Host, dan dihadiri oleh Peserta yang diundang oleh Host. Setiap orang baik Host ataupun Peserta dalam meeting dapat melihat , mendengarkan dan berbicara satu sama lain dan dapat melakukan interupsi suara/gambar.

2. Online Webinar Zoom
Webinar atau web seminar adalah sesi informatif yang disiarkan melalui web untuk mengedukasi individu yang tertarik untuk mempelajari subjek / materi tertentu. Selama webinar, Penyelenggara atau Host dan Nara sumber atau Panelis yang menyampaikan presentasi kepada Peserta. Peserta tetap dalam kondisi hanya mendengarkan, tidak bisa saling melihat ataupun berbicara dengan Peserta  lainnya di Webinar Zoom. Peserta dapat mengajukan pertanyaan kepada Host menggunakan opsi Tanya Jawab (Q&A) di layar bawah webinar dengan cara mengetik pertanyaan yang diajukan.

Sekarang Anda tentu sudah jelas perbedaan antara Online Meeting dengan Online Webinar, dimana acara yang akan diselenggarakan Kompak adalah Online Webinar.

Berikut alasan mengapa Anda tidak perlu khawatir mengikuti Online Webinar Kompak dengan Zoom :
  1. Acara yang diselenggarakan Kompak adalah Online Webinar bukan Online Meeting.
  2. Saat Webinar berlangsung hanya Host dan Panelis yang akan tampil di layar untuk menyampaikan materi.
  3. Video & audio serta chat Peserta webinar semua tidak difungsikan, sehingga Peserta hanya bisa bertanya melalui menu Q & A dan Host akan menjawabnya secara online saat acara berlangsung.
  4. Kompak menggunakan aplikasi Zoom berbayar sehingga keamanannya lebih terjamin.
  5. Semua hal teknis selama webinar berlangsung sepenuhnya dikendalikan oleh Host.
  6. Kompak hanya mengirimkan Link Webinar melalui WhatsApp Group Kompak dan media sosial Kompak yang bisa dibagikan lagi ke teman yang mau diajak ikut bersama-sama. Jadi Kompak tidak membagikan ID dan password Webinar , hanya dipegang oleh Host.
  7. Kompak akan menghidupkan fitur waiting room sebelum acara dimulai.
  8. Kompak akan mematikan Fitur transfer file acara webinar yang dapat disalah gunakan oleh para Peserta.
  9. Kompak akan mengaktifkan fitur Lock Out

Tips Aman Bagi Peserta untuk mengikuti Online Webinar Via Zoom

1.Gunakan Aplikasi Zoom terbaru
Gunakan aplikasi Zoom versi terbaru yaitu versi 5.1.0 agar mendapat pembaruan terutama untuk fitur terkini dan keamanan.

2. HIndari membagikan Link Webinar ke orang yang tidak Anda kenal. 
Bagikanlah Link Webinar secara personal atau ke WhatsApp Group yang anggota grupnya Anda kenal.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi menggunakan Zoom untuk mengembangkan Bisnis Kompak Anda. Pastikan Anda tidak ketinggalan mengikuti Webinar Kesehatan maupun Webinar Mingguan yang diselenggarakan Kompak dengan berbagai hadiah dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan !!!

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Whatsapp Kompak di 0815-8443-6326.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Disayang Suami -Evergood - Informasi Kesehatan - Kompak

Kaisar Kopi Ginseng - Kopi Sehat Berkualitas

Tips Cara menghilangkan Noda membandel pada pakaian